Apa itu Pendekatan Konsumen Kardinal? dan apa cirinya?
Jawaban:
Pendekatan nilai guna (Utility) Kardinal atau sering disebut dengan
teori nilai subyektif : dianggap manfaat atau kenikmatan yang diperoleh
seorang konsumen dapat dinyatakan secara kuantitif / dapat diukur,
dimana keseimbangan konsumen dalam memaksimumkan kepuasan atas konsumsi
berbagai macam barang, dilihat dari seberapa besar uang yang dikeluarkan
untuk membeli unit tambahan dari berbagai jenis barang akan memberikan
nilai guna marginal yang sama besarnya.
Cirinya:
- Kepuasan seorang konsumen dalam mengkonsumsi suatu barang dapat diukur dengan satuan kepuasan. Misalnya: mata uang.
- Setiap tambahan satu unit barang yang dikonsumsi akan menambah
kepuasan yang diperoleh konsumen tersebut dalam jumlah tertentu.
Sumber:
http://evy16.wordpress.com/2013/04/09/ekonomi-perbedaan-teori-kardinal-dan-teori-ordinal/
http://twiinly.blogspot.com/2013/10/v-behaviorurldefaultvmlo.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar